Irfanda Siagian

Home » » Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran (Resume)

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran (Resume)

Written By irfanda siagian on Senin, 29 April 2013 | 07.32



        Pengertian permintaan secara individu menurut saya adalah dimana seseorang memiliki kesanggupan untuk membeli barang baik itu kebutuhan primer atau sekunder untuk memenuhi kebutuhan apa yang diinginkanya. Hukum permintaan itu sendiri berisikan jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan berkurang tapi sebaliknya jika harga suatu barang turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan.

Kasus dari hukum permintaan itu sendiri sangat biasa kita alami seperti pada saat musim paceklik, harga kebutuhan pokok seperti cabai naik berkali2 lipat maka hal yang dilakukan masyarakat adalah dengan mengurangi membeli cabai, karena daya beli masyarakat yang tidak menyanggupi maka permintaan akan cabai berkurang sangat drastis.

permintaan itu sendiri dapat dipengaruhi oleh:
  • Pendapatan konsumen yang berbeda bisa berdampak pada jumlah permintaan.
  • Selera masyarakat yang heterogen.
  • barang substitusi dan komplementer.
  • jumlah masyarakat.
        Pengertian penawaran yaitu keinginan menawarkan\memasarkan\menjual secara individu ataupun secara lembaga perusahaan untuk mendapatkan laba dan memenuhi target penjualan yang sudah direncanakan sebelumnya. Hukum penawaran itu berisikan jika harga dari suatu barang itu naik, maka jumlah  barang yang akan ditawarkan akan naik dan jika harga barang itu turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun juga. 

Kasus dari hukum penawaran diantaranya adalah pada saat perusahaan berbasis teknologi seperti apple mengeluarkan gadget terbarunya yang lebih mahal dan lebih kompleks lagi maka yang dilakukan pihak perusahaan adalah dengan menaikkan tingkat penawaranya ke konsumen untuk memenuhi target penjualan dari perusahaanya.

penarawaran itu sendiri dapat dipengaruhi oleh:
  • kemampuan perusahaan memproduksi barang
  • ketersediaan sumber produksi
  • harapan perusahaan
  • jumlah permintaan oleh konsumen
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Cool Blue Outer Glow Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma University

Translate

tweets

Followers

 
Gunadarma University
Irfanda Siagian
Copyright © 2013. Do You Know ? - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modificated by Irfanda Siagian
Proudly powered by Blogger