Irfanda Siagian

Home » » Tips Mahasiswa Agar Tidak Mengalami Stress

Tips Mahasiswa Agar Tidak Mengalami Stress

Written By irfanda siagian on Senin, 15 April 2013 | 10.34

Ya ampun kenapa sih mahasiswa harus hadapin yang namanya depresi/stress entah itu dari tugas kuliah yang semakin gak ada bosen-bosenya buat bikin otak kita mikirin dia terus ataupun saat menyusun skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir yang mau sidang terus juga pada saat ujian semester. gak sedikit mahasiswa yang berfikir untuk mendapat IP yang tinggi karena tuntutan dari keluarga sedangkan apa yang mahasiswa lakukan gak sesederhana seperti waktu sekolah, banyak dari mahasiswa itu sendiri yang pada akhirnya mengalami depresi dan dengan mudah beralih ke arah yang tidak sepatutnya dilakukan seperti narkoba,mabuk-mabukan atau juga dugem lah biar masalah cepat hilang dari pikiran. tapi bukan itu jalan keluarnya buat para mahasiswa yang sedang depresi tingkat tinggi.



Berikut adalah tips buat mahasiswa yang sedang depresi/stress :

1.coba deh kita harus bisa menentukan teman/sahabat yang baik dan bisa mengarahkan kita agar menjadi yang lebih baik, bukan maksudnya pilih-pilih teman tapi perbanyak lah pergaulan sosial dengan batasan - batasan yang sewajarnya untuk kebaikan kita juga.

2. berfikirlah waktu yang kita gunakan sehari - hari harus bisa dimanfaatkan dengan baik, intinya manajemen waktu itu penting sekali untuk mengetahui kapan waktu bersosialisasi kapan waktu fokus kuliah dan dahulukan waktu kebutuhan yang dianggap paling prioritas.

3.kebutuhan akan kehadiran orang sekitar juga sangat mempengaruhi pada saat seperti ini, seperti teman atau sahabat yang kita percaya untuk berbagi keluhan yang sedang kita hadapi kepada mereka, dan mintalah masukan motivasi untuk jadi yang lebih baik.

4.gunakan waktu sejenak yang kita punya untuk refreshing bersama keluarga,teman atau kekasih (kalo ada) hehe, karena dengan hati yang gembira kinerja otak terhadap masalah yang kita alami akan sedikit rileks, tapi ingat waktu juga dan jangan terus menerus.

5.nah yg ke-5 ini nih sulit rasanya buat gua untuk mengaturnya, pola makan teratur akan menjadi gak karuan kalo lagi stress, kadang orang stress itu ada juga yang lebih suka makan banyak dan sebaliknya kadang ada juga yang sukanya engak makan alias puasa hahaha, atur pola makan tetap stabil untuk memenuhi nutrisi vitamin yang diperlukan otak kita untuk berfikir.

6.hobi menjadi bagian buat para mahasiswa untuk meluangkan kemampuan non akademiknya, seperti olahraga, seni fotografi , seni musik dan lain-lain, kegiatan ini cukup bagus untuk menaikkan mood para mahasiswa yang dilanda stress.

7.tips yang terakhir yang gua sangat anjurkan adalah BERDOA kepada yang maha kuasa, mintalah doa kepada orangtua kita karena dengan doa merekalah kita bisa menjadi orang yang lebih baik, jangan sungkan untuk memintanya dan tentu juga doa kita kepada yang maha kuasa,maha pencipta ALLAH SWT, jika kita sudah berikhtiar sebaik yang kita bisa dan diikuti dengan doa kepada yang maha kuasa tentu saja dengan kuasanya kita bisa menjadi orang terbebas dari stress atau depresi di setiap masalah yang mahasiswa hadapi.

semoga tips gua kali ini bermanfaat buat kalian calon mahasiswa - mahasiswa sukses, indah rasanya kalo melihat teman - teman kita sukses dan kita pun demikian bangga rasanya kalo bisa sukses di kemudian hari karena dengan usaha yang cukup menguras waktu , tenaga , fikiran dan biaya sewaktu pendidikan di jenjang universitas, dan jangan lupa share pengalaman kalian ke generasi dibawah kita untuk memotivasi mereka kearah yang lebih baik tanpa harus terjerumus ke dalam gaya hidup mahasiswa yang tidak bagus dan tidak patut ditiru, lakukan semua dengan hati yang ikhlas dan terus berdoa berharap kepada yang maha kuasa karena dengan ridho dan kuasanya lah kita bisa mendapatkan apa yang kita harapkan.





Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Cool Blue Outer Glow Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma University

Translate

tweets

Followers

 
Gunadarma University
Irfanda Siagian
Copyright © 2013. Do You Know ? - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modificated by Irfanda Siagian
Proudly powered by Blogger