Irfanda Siagian

Home » » Uang, Bank Dan Penciptaanya ( Resume )

Uang, Bank Dan Penciptaanya ( Resume )

Written By irfanda siagian on Senin, 29 April 2013 | 10.20

 

Uang dalam ekonomi tradisional bisa disebut juga dengan setiap alat tukar yang dapat diterima dikalangan masyarakat atau umum dalam proses pertukaran barang atau jasa. Pada kesempetan ini saya sebagai kelompok yang menjelaskan tentang materi ini berpendapat jika uang itu sudah menjadi dasar ekonomi atau oleh kalangan para ahli dikemukakan bahwa uang itu adalah alat penunda pembayaran.

Bank sentral sebagai badan lembaga yang bertanggung jawab terhadap stabilitas nilai uang disuatu negara hal ini dikenal sebagai inflasi yang berdampak pada naiknya barang2 dan jasa yang artinya sama dengan turunya nilai dari uang tersebut. Uang yang dikeluarkan oleh bank sentral terdiri dari 2 jenis yaitu uang yang terbuat dari bahan logam dan uang yang terbuat dari bahan kertas.

Dari contoh kasus yang dikemukakan adalah tentang kendala Redominisasi, apa sih yang dimaksud dengan redominisasi itu ??

Redominisasi adalah menyederhanakan nominal pecahan mata uang menjadi pecahan lebih sedikit dengan cara mengurangi digit angka (0) tanpa mengurangi nilai yang ada didalamnya, seperti Rp.10.000 menjadi Rp.10 tanpa mengurangi nilainya dan diimbangi secara bersamaan oleh harga2 barang, sehingga tidak mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap barang.

Redominisasi ini berfungsi sebagai efisiensi dalam melakukan transaksi agar lebih nyaman dan juga mempersiapkan kesetaraan ekonomi indonesia dengan negara regional asia tenggara.

Tahapan redominisasi :

  • Tahun 2011 -2012 Sosialiasi
  • tahun 2013 - 2015 Masa Transisi
  • tahun 2016 - 2018 Penarikan Rupiah Lama
  • tahun 2019 - 2022 Pelaksaan Redominisasi Penuh

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Cool Blue Outer Glow Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma University

Translate

tweets

Followers

 
Gunadarma University
Irfanda Siagian
Copyright © 2013. Do You Know ? - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modificated by Irfanda Siagian
Proudly powered by Blogger