Irfanda Siagian

Home » » Struktur Pasar ( Resume )

Struktur Pasar ( Resume )

Written By irfanda siagian on Senin, 29 April 2013 | 09.10


Pasar dalam pengertianya adalah tempat bertemunya atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dengan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan antara keduanya (harga pasar). 

Sedangkan struktur pasar yang dimaksud itu adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri2 seperti jenis produksi yang dihasilkan, banyaknya produsen dalam industri, mudah tidaknya masuk kedalam industri dan peranan iklan / advertising yang berperan dalam kegiatan industri.

Jenis pasar terdiri dari :
  • Pasar persaingan sempurna
Terjadi dimana pada saat jumlah penjual dan pembeli yang banyak dengan produksi yang bersifat homogen atau memiliki produk yang sama.
  • Pasar monopoli
Terjadi dimana ketika jumlah penjual hanya ada satu saja yang mengusai pasar.
  • Pasar oligopoli
Terjadi dimana ketika suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam suatu wilayah area, umumnya jumlah perusahaan lebih dari 2 dan kurang dari 10 perusahaan.
  • Pasar monopolistik
Bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan  dalam beberapa aspek yang merupakan ciri dari masing2 produk perusahaan.
  • Pasar duopoli
Pasar jenis ini hanya terdapat 2 perusahaan yang menguasai pasar.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Cool Blue Outer Glow Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma University

Translate

tweets

Followers

 
Gunadarma University
Irfanda Siagian
Copyright © 2013. Do You Know ? - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modificated by Irfanda Siagian
Proudly powered by Blogger