Irfanda Siagian

Home » » Sejarah Jersey Arsenal Dari Masa Ke Masa

Sejarah Jersey Arsenal Dari Masa Ke Masa

Written By irfanda siagian on Selasa, 07 Mei 2013 | 05.50

Selamat datang GOONERS yang mau tahu tentang sejarah jersey arsenal dari masa ke masa. Ini adalah jersey kebanggaan club yang kita banggakan maka gua sebagai GOONERS yang loyal terhadap club yang gua sukai ini akan kasih tau kalian tentang sejarah jersey yang pernah di pakai ARSENAL dari masa awal sampai sekarang yang kita sering kenal adalah warna dasar yaitu merah!

asal mulanya jersey arsenal yang berwarna merah  ini berasal pada saat pertama kali arsenal dibentuk yaitu di kota woolwich bagian tenggara london, singkat cerita ada sekelompok pemain Dial Square (nama awal arsenal) yaitu Fred Beardsley, Bill dan Charlie Parr Bates, bergabung dengan Dial Square FC, (nama pertama klub) dan dengan membawa jersey merah tua mereka.Untuk menghemat anggaran, klub memutuskan cara yang paling murah adalah dengan menggunakan warna yang sama dengan jersey yang dibawa bekas para pemain Dial Square tersebut. 


Setelah kedatangan manajer Herbert Chapman yang dijuluki 'Great Innovator', pada tahun 1925, Arsenal mulai meluncurkan jersey dengan warna yang kita kenal sekarang. Chapman terinspirasi ketika melihat seseorang yang mengenakan sweater merah dengan kemeja putih, bermain golf dengan kartunis terkenal hari Tom Webster, yang juga mengenakan sweater yang sama . Yang akhirnya menginspirasi Chapman untuk membuat strip baru dengan menggabungkan kemeja merah dengan kerah dan lengan berwarna putih. Juga memasukkan lencana klub, yang diposisikan disisi kiri kemeja. 




Awal pemain logo meriam muncul pada tahun 1967 dan pada tahun 1978 adalah tahun pertama bagi arsenal mendapat sponsor apparel jersey dari tanah britania yaitu UMBRO sampai pada tahun 1986, pada masa ini juga awal mulanya arsenal mendapat sponsor yaitu JVC yang tertera di bagian tengah dada para pemain arsenal. 

 

Dan ketika memasuki awal tahun 1986 sponsor apparel jersey beralih ke perusahaan besar asal jerman yaitu ADIDAS selama 8 tahun sampai akhir musim 1994 tapi tetap memakai sponsor logo yang sama yaitu JVC , pada periode ini banyak sekali perubahan yang terlihat dari jersey klasik sebelumnya.


Sampai kita pada masa berakhirnya apparel ADIDAS yang mensponsori arsenal dan beralih ke perusahaan asal amerika yaitu NIKE yang menyediakan kebutuhan jersey bagi para pemain arsenal, pada masa ini logo JVC yang tercantum digantikan oleh logo dari Dreamcast pada tahun 2000 dan setelah 2 tahun beralih lagi logo kepada 02 sampai tahun 2005


Pada awal tahun 2006 logo sponsor logo beralih diambil oleh perusahaan maskapai internasional asal timur tengah yaitu Emirates yang sekaligus menandakan pindahnya stadion arsenal dari highbury ke Emirates Stadium di london utara, Emirates juga yang mensponsori stadion tersebut, yang dengar kabar masa kontrak emirates stadium sampai tahun 2028 dan kontrak logo Fly Emirates sampai tahun 2018.


Ketika Jersey arsenal tahun 2004 dibuat sekaligus juga untuk memberi penghargaan atas stadion highbury yang pada bagian belakang dibawah nomor punggung pemain dan disekitar logo dada arsenal tertera "Highbury 1913 - 2006" dan pada 2007/2008 ada juga seri jersey untuk menghargai Herbert Chapman di jersey awal berwarna putih. Selanjutnya jersey yang mengandung arti penting kemudian pada tahun 2011 yaitu untuk mengenang 125 tahun Arsenal .




Jersey yang 1 ini adalah jersey yang digunakan musim 2012/2013 yang sudah diberitakan bahwa ini jersey terakhir yang disponsori apparel nike untuk arsenal, karena pada musim depan 2013/2014 apparel jersey yang akan mensponsori arsenal yaitu kembali lagi ke apparel asal jerman lagi ADIDAS, tetapi bagaimana model atau desain yang akan dibuat belom pasti sampai sekarang, jadi bagi para Gooners/Goonerette jangan terlalu cepat membeli jersey arsenal yang baru karena belom ada launching yang resmi dari pihak arsenal.

Share this article :

1 komentar:

Cool Blue Outer Glow Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma University

Translate

tweets

Followers

 
Gunadarma University
Irfanda Siagian
Copyright © 2013. Do You Know ? - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modificated by Irfanda Siagian
Proudly powered by Blogger