Sebelum masuk ke resume tentang perilaku konsumen, lebih baiknya kita tau dulu apa sih perilaku konsumen tersebut?? pengertianya itu adalah perilaku yang ditunjukan oleh konsumen seperti mencari, menukar, menggunakan, minalai, mengatur barang atau jasa yang menurut mereka sangat bisa memuaskan konsumen. Ada 2 faktor yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen yaitu eksternal dan internal.
Eksternal Internal
1. keluarga. 1. motivasi.
2. kelas sosial. 2. persepsi.
3. kebudayaan. 3. sikap.
4. strategi. 4. gaya hidup.
5. marketing. 5. kepribadian.
6. kelompok 6. belajar
sifat yang biasanya dimiliki oleh konsumen adalah mencari kepuasaan terhadap barang yang dibelinya tanpa melihat apakah sudah sesuai dengan kebutuhanya, hal ini biasanya didasari oleh faktor kelompok yang ingin selalu berpendapat bahwa setiap apa yang kelompoknya miliki itu baik pula juga untuk orang tersebut sebagai gaya hidup dikelompoknya. apalagi sekarang sudah banyak lembaga perusahaan yang menawarkan barang bukan lagi melihat dari isi yang terkadung tetapi mencari kelemahan konsumen yang tertarik kepada packaging produk tersebut dan efeknya konsumen dirugikan karena apa yang dijual tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan.
0 komentar:
Posting Komentar