APLIKASI PONSEL BERBASIS ANDROID
UNTUK PENJUALAN
PADA KIOS ECERAN SEJAHTERA FLOWER
BAB 1
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang Masalah
Sudah
kita ketahui bahwa perkembangan teknologi seluler saat ini semakin pesat hanya
dengan sebuah telepon seluler kini kita dapat melakukan banyak hal dan juga
yang sekarang sering digunakan adalah untuk menjalankan aplikasi-aplikasi mobile
sebagai sarana hiburan, jejaring sosial ataupun sebagai media untuk mendapatkan
dan mengolah data informasi. Salah satu sistem operasi yang saat ini semakin berkembang
adalah Android bisa dipastikan, jumlah perangkat berbasis Android yang berada
di tangan pengguna di Indonesia bakal bertambah secara signifikan dengan
semakin berkembangnya perangkat mobile serta teknologi yang menyertainya
akan sangat berpengaruh pada perkembangan aplikasi mobile.
Perkembangan
aplikasi mobile tersebut akhirnya memberikan dampak pada berbagai bidang
kehidupan kita. Salah satunya adalah bidang perdagangan, namun pada bidang
perdagangan biasanya teknologi hanya diterapkan pada suatu hal yang besar,
seperti pada toko-toko besar, minimarket, supermarket, dan lain sebagainya.
Dan jarang digunakan pada perdagangan retail atau, seperti kios eceran, warung-warung
kelontong, dan lain sebagainya. Padahal kios-kios eceran tersebut juga butuh
laporan pendapatan tiap bulannya.
Sebagai
contoh, pada sebuah kios tanaman Sejahtera Flower, saat berlangsungnya transaksi,
pemilik kios tanaman tersebut akan menghitung total tagihan dari tanaman
yang
dibeli pelanggan dengan menggunakan kalkulator. Hal ini tentu bukan masalah
jika
tanaman
yang dibeli sedikit, tapi jika tanaman yang dibeli banyak tentu akan membutuhkan
proses yang cukup memakan waktu berdasarkan dari latar belakang di atas, maka
penulis mencoba mengembangkan teknologi aplikasi ponsel yang berbasis Android
dengan membuat suatu aplikasi penjualan .dengan adanya aplikasi ini, pemilik
kios tanaman Sejahtera Flower akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan
transaksi jual-beli dengan pelanggannya
1.2
Identifikasi
Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang telah dijelaskan, maka penulis akan
menguraikan pokok-pokok masalah yang dikaji dalam aplikasi penjualan berbasis
android Sejahtera flower adalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana penerapan prosedur yang membentuk sistem yang digunakan dalam
sistem penjualan berbasis android di Sejahtera flower
2. Bagaimana pelaksanaan dan penerapan
Sistem Pengendalian Intern sistem penjualan berbasis android di Sejahtera flower
3. Bagaimana cara menentukan besar modal
usana pada Sejahtera flowers yang sesuai dengan sistem sistem penjualan
berbasis android di Sejahtera flower
4.
Masalah-masalah yang timbul dalam pembayaran sistem penjualan berbasis
android di Sejahtera flower
1.3
Batasan Masalah
Dalam
melakukan perancangan dan membuat aplikasi ponsel berbasis Android ini hanya
dibatasi dari segi sistem informasi atau program aplikasinya saja. Selain itu,
aplikasi ponsel berbasis Android ini hanya digunakan untuk penjualan di
kios-kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower, tidak untuk pada
toko-toko grosir besar. Untuk semakin menghindari meluasnya masalah yang akan
dibahas, maka batasan masalah yang akan dibahas yaitu:
1. Aplikasi ponsel berbasis Android
yang dibuat adalah aplikasi untuk penjualan di
kios
eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower.
2. Aplikasi ponsel ini berfungsi
sebagai pengganti kalkulator untuk menghitung total pembelian dari pelanggan
atau sebagai cash register sederhana tapi tidak memiliki tombol standar
untuk item
3.
Dengan
item baris pada aplikasi ponsel berbasis Android ini, user dapat
mengatur nama, stok,
4.
Aplikasi
ponsel berbasis Android ini mampu menghasilkan informasi berupa total pembelian
dan penjualan tiap harinya, tiap bulannya, atau rentang waktu tertentu
yang ditentukan sendiri oleh
pemilik kios.
5. Aplikasi ponsel berbasis Android
ini dapat terintegerasi dengan printer untuk
mencetak
nota pembelian.
1.4
Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian di atas, rumusan masalah yang akan dipecahkan adalah bagaimana merancang
dan membuat aplikasi ponsel berbasis Android untuk penjualan di kios eceran,
khusunya kios tanaman Sejahtera Flower yang simpel, mudah digunakan, efektif,
dan efisien. Aplikasi ini selanjutnya bisa digunakan secara maksimal oleh para
pemilik kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower sehingga mampu
meningkatkan kinerja mereka.
1.5
Tujuan Penelitian
Maksud
dari penyusunan proposal penelitian adalah sebagai syarat untuk menyelesaikan
Tugas
ke 3 & 4 mata kuliah bahasa indonesia 2
Adapun
tujuan penelitian ini yaitu:
1. Membuat aplikasi ponsel berbasis
Android untuk penjualan di kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower.
2.
Mengatasi
masalah transaksi penjualan di kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower.
3. Menerapkan ilmu dan teori-teori
selama mengikuti pendidikan ke dalam aplikasi nyata secara praktis guna
membantu mendukung kemampuan beraktualisasi dalam penerapan ilmu di dunia
nyata.
1.6
Manfaat Penelitian
Penelitian
ini tentunya sangat bermanfaat bagi pemilik Sejahtera flower untuk memudahkan
rekapitulasi penjualan yang dilakukanya setiap hari, diantara adalah :
1. Mempermudah pemilik kios eceran,
khususnya kios tanaman Sejahtera Flower dalam melakukan transaski penjualan.
2.
Mampu
menghasilkan informasi total tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan secara
cepat dan tepat.
3.
Mempermudah
pemilik kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower
untuk mengetahui total hasil
penjualannya tiap hari, tiap bulan, atau rentang waktu yang ditentukan sendiri
oleh pemilik kios.
4. Mampu meningkatkan kinerja
pemilik kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower.
BAB 2
Landasan Teori
2.1
Android
Android
merupakan sistem operasi ponsel yang tumbuh di tengan sistem operasi lainnya yang
berkembang dewasa ini. Sistem operasi lainnya seperti Windows Mobile, IOS,
Symbian, dan masih banyak lagi juga menawarkan kekayaan isi dan keoptimalan berjalan
di atas perangkat keras (hardware) yang ada. Akan tetapi, sistem operasi
yang ada ini berjalan dengan memprioritaskan aplikasi inti yang dibangun
sendiri tanpa melihat potensi yang cukup besar dari aplikasi pihak ketiga. Oleh
karena itu, adanya keterbatasan dari aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan
data asli ponsel, berkomunikasi antar proses serta keterbatasan distribusi
aplikasi pihak ketiga untuk platform mereka.
Android
menawarkan sebuah lingkungan yang berbeda untuk pengembang. Setiap aplikasi
memiliki tingkatan yang sama. Android tidak membedakan antara aplikasi inti dengan
aplikasi pihak ketiga. API yang disediakan menawarkan akses ke hardware, maupun
data-data ponsel sekalipun, atau data sistem itu sendiri. Bahkan pengguna dapat
menghapus aplikasi inti dan menggantikannya dengan aplikasi pihak ketiga.
Sedangkan
Android SDK (Software Development Kit) menyediakan Tools dan API
yang
diperlukan untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android dengan menggunakan
bahasa pemrograman Java.
2.2 Analisis Data
Analisa data dapat diartikan sebagai membandingkan dua hal atau
nilai variabel untuk mengetahui selisihnya atau rasionya, kemudian diambil
kesimpulannya atau menguraikan suatu keseluruhan menjadi bagian-bagian atau
komponen-komponen yang lebih kecil, agar dapat membandingkan salah satu atau
beberapa kkomponen dengan keseluruhan.
2.3 UML
Unified Modeling Language (UML) adalah merupakan sistem arsitektur
yang
bekerja dalam OOAD (Object-Oriented Analysis Design) dengan satu
bahasa yang
konsisten untuk menentukan, visualisasi, mengkontruksi dan
mendokumentasi artifact
(sepotong informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses
rekayasa
software, dapat berupa model, deskrispi, atau software)
yang terdapat dalam sistem
software. UML merupakan bahasa pemodelan yang paling sukses dari
tiga metode
Orientasi Obyek yang telah ada sebelumnya yaitu :2
1. Grady Booch OOD (Object-Oriented Design)
2. Jim Rumbaugh OMT (Object Modeling Tecnique)
3. Ivar Jacobson OOSE (Object-Oriented Software Engineering)
2.4 Konsep Dasar
Basis Data
Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data
yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di
perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak.
Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan
batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan
salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis
dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user. Penyusunan
basis data meliputi proses memasukkan data kedalam media penyimpanan data dan
diatur dengan menggunakan perangkat Sistem Manajemen Basis Data (Database
Management System DBMS). Manipulasi basis data meliputi pembuatan pernyataan
(query) untuk mendapatkan informasi tertentu, melakukan pembaharuan atau
penggantian (update) data, serta pembuatan report data.
2.5
Bahasa Pemrograman Java
Java
merupakan bahasa pemrograman untuk membangun aplikasi pada sistem operasi
Android. Oleh karena itu, untuk membangun aplikasi pada sistem operasi Android
diperlukan dasar tentang pemrograman Java. Java merupakan pemrograman berorientasi
objek. Oleh karena itu, setiap konsep yang akan diimplemenetasikan dalam Java
berbentuk dalam kelas. Kelas ini mendefinisikan objek-objek yang memiliki kesamaan
perilaku dan keadaan. Pada Java terdapat kumpulan kelas standar yang dikenal
dengan Application Programming Interface (API) Java, selain itu dapat
juga dideskripsikan kelas sendiri sesuai kebutuhan.
2.6
Hipotesis
Berdasakan
tinjauan pustaka atau kerangka pemikiran diatas, maka penulis
mencoba
untuk merumuskan hipotesis yang akan diuji kebenarannya hipotesis tersebut,
sebagai berikut:
h0
: program android penjualan di sejahtera flowers kurang efektif dan efisien.
h1
: program android penjualan di sejahtera flowers efektif dan efisien
BAB 3
Metodologi Penelitian
3.1 Jadwal & Waktu Penelitian
1.
Minggu
I: Persiapan / lokasi di rumah
2.
Minggu
II – IV: Pengumpulan data, pengolahan dan analisis data secara garis besar /
lokasi toko sejahtera flowers
3.
Minggu
V – IX: Penyusunan laporan draf, mulai dari BAB I sampai dengan BAB V / lokasi di rumah & perpustakaan
4.
Minggu
X - XII: Laporan akhir / lokasi di rumah
3.2
Metode Penelitian
Langkah-langkah
dalam melakukan penelitian yang berjudul “Aplikasi Ponsel
Berbasis
Android untuk Penjualan pada Kios Eceran Sejahtera Flower” ini adalah:
1.
Pengumpulan data
Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah:
a.
Metode kearsipan
b.
Metode kepustakaan
c.
Metode wawancara
2.
Analisis
Mengidentifikasi
masalah, menganalisis kelemahan sistem, menganalisis
kebutuhan
informasi pemakai dengan metode analisis SWOT, kemudian membuat
laporan
hasil analisis.
3.
Perancangan aplikasi
Mendesain
aplikasi secara umum dan secara terperinci yang meliputi desain input,
desain
proses, output, dan desain basis data dengan menggunakan beberapa
tools
untuk Android Developer seperti JAVA SDK 1.6, Android SDK, Eclipse 3.5
(Galileo),
Eclipse ADT plugin, dan SQLite.
4.
Implementasi aplikasi
Melakukan
penulisan kode program (coding) untuk membangun aplikasi ponsel
Android.
3.3
Instrumen Penelitian
Dengan
cara melakukan survei kelapangan dengan menggunakan berbagai alat kendaraan
bermotor dan pada saat membuat program menggunakan notebook
Hp Pavilion G4 1318-TX, processor dengan spesifikasi Intel® Core ™ i5-2450M CPU
@2.50GHz, memori RAM 4GB dan hardisk . Software yang digunakan sistem operasi
Windows 7 Home Premium 64-bit dan software pengolah kata dengan Microsoft Word
2010.
3.4
Teknik Analisis Data
Analisa dapat diartikan sebagai
membandingkan dua hal atau nilai variabel untuk mengetahui selisihnya atau
rasionya, kemudian diambil kesimpulannya atau menguraikan suatu keseluruhan
menjadi bagian-bagian atau komponen-komponen yang lebih kecil, agar dapat
membandingkan salah satu atau beberapa komponen dengan keseluruhan.
3.4.1
Analisis Kebutuhan Sistem
Analisis kebutuhan sistem terdiri
dari dua, yaitu:
1. Analisis Kebuthan Fungsional
2. Analisis Kebutuhan Non
Fungsional
3.4.2
Analisis Kelayakan Sistem
3.4.2.1
Analisis Kelayakan Teknik
Kemudahan yang dihasilkan oleh
ponsel berbasis Android memungkinkan dibuatnya sebuah aplikasi untuk penjualan
pada kios eceran yang berguna untuk mempermudah penjual dalam melakukan transaksi
dengan konsumen serta dalam mengetahui pendapatan perbulannya.
3.2.2.2
Analisis Kelayakan Hukum
Aplikasi ponsel berbasis Android
untuk penjualan pada kios eceran ini memastikan tidak adanya kesalahan dalam
mengkalkulasikan barang yang dibeli konsumen ataupun kesalahan lain yang bisa
membawa pada tuntutan hukum
3.2.2.3
Analisis Kelayakan Ekonomi
Dengan penggunaan aplikasi ponsel
berbasis Android untuk penjualan pada kios eceran ini mampu menghemat biaya
untuk membeli buku catatan, nota, pulpen, pensil, penghapus. Selain itu tidak
perlu memakai komputer desktop yang digunakan untuk transaksi penjualan seperti
yang ada pada toko-toko grosir, minimarket, atausupermatket.
Daftar Pustaka
Gramlich, N. 2010. “Andbook!”. http://andbook.anddev.org/files/andbook.pdf.
Diakses
tanggal 11 November 2011.
Hermawan S, Stephanus. 2011.
Mudah Membuat Aplikasi Android. Penerbit Andi.
Mesran. 2009. Pengenalan Komputer
& Bahasa Pemrograman. http://www.stmikbudidarma.
ac.id/Download/D3%20-%20Algoritma%20&%20Pemrograman.pdf,
diakses tanggal 12 November 2011.
Raharja, Pribadi.. 2010.
Daftar-Daftar Simbol UML.
http://www.pribadiraharja.com/.../DAFTAR_SIMBOL.doc, diakses tanggal 11
November 2011.
ponsel android memang berpengaruh dalam bidang apapaun...
BalasHapusblower hp