Irfanda Siagian

Home » » Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

Written By irfanda siagian on Minggu, 29 Juni 2014 | 07.22

APLIKASI PONSEL BERBASIS ANDROID UNTUK PENJUALAN
PADA KIOS ECERAN SEJAHTERA FLOWER

BAB 1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Sudah kita ketahui bahwa perkembangan teknologi seluler saat ini semakin pesat hanya dengan sebuah telepon seluler kini kita dapat melakukan banyak hal dan juga yang sekarang sering digunakan adalah untuk menjalankan aplikasi-aplikasi mobile sebagai sarana hiburan, jejaring sosial ataupun sebagai media untuk mendapatkan dan mengolah data informasi. Salah satu sistem operasi yang saat ini semakin berkembang adalah Android bisa dipastikan, jumlah perangkat berbasis Android yang berada di tangan pengguna di Indonesia bakal bertambah secara signifikan dengan semakin berkembangnya perangkat mobile serta teknologi yang menyertainya akan sangat berpengaruh pada perkembangan aplikasi mobile.
Perkembangan aplikasi mobile tersebut akhirnya memberikan dampak pada berbagai bidang kehidupan kita. Salah satunya adalah bidang perdagangan, namun pada bidang perdagangan biasanya teknologi hanya diterapkan pada suatu hal yang besar, seperti pada toko-toko besar, minimarket, supermarket, dan lain sebagainya. Dan jarang digunakan pada perdagangan retail atau, seperti kios eceran, warung-warung kelontong, dan lain sebagainya. Padahal kios-kios eceran tersebut juga butuh laporan pendapatan tiap bulannya.
Sebagai contoh, pada sebuah kios tanaman Sejahtera Flower, saat berlangsungnya transaksi, pemilik kios tanaman tersebut akan menghitung total tagihan dari tanaman
yang dibeli pelanggan dengan menggunakan kalkulator. Hal ini tentu bukan masalah jika
tanaman yang dibeli sedikit, tapi jika tanaman yang dibeli banyak tentu akan membutuhkan proses yang cukup memakan waktu berdasarkan dari latar belakang di atas, maka penulis mencoba mengembangkan teknologi aplikasi ponsel yang berbasis Android dengan membuat suatu aplikasi penjualan .dengan adanya aplikasi ini, pemilik kios tanaman Sejahtera Flower akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan transaksi jual-beli dengan pelanggannya




1.2   Identifikasi Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang telah dijelaskan, maka penulis akan menguraikan pokok-pokok masalah yang dikaji dalam aplikasi penjualan berbasis android Sejahtera flower adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana penerapan prosedur yang membentuk sistem yang digunakan dalam sistem penjualan berbasis android di Sejahtera flower
2.      Bagaimana pelaksanaan dan penerapan Sistem Pengendalian Intern sistem penjualan berbasis android di Sejahtera flower
3.      Bagaimana cara menentukan besar modal usana pada Sejahtera flowers yang sesuai dengan sistem sistem penjualan berbasis android di Sejahtera flower
4.      Masalah-masalah yang timbul dalam pembayaran sistem penjualan berbasis android di Sejahtera flower

1.3 Batasan Masalah
Dalam melakukan perancangan dan membuat aplikasi ponsel berbasis Android ini hanya dibatasi dari segi sistem informasi atau program aplikasinya saja. Selain itu, aplikasi ponsel berbasis Android ini hanya digunakan untuk penjualan di kios-kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower, tidak untuk pada toko-toko grosir besar. Untuk semakin menghindari meluasnya masalah yang akan dibahas, maka batasan masalah yang akan dibahas yaitu:
1.      Aplikasi ponsel berbasis Android yang dibuat adalah aplikasi untuk penjualan di
kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower.
2.      Aplikasi ponsel ini berfungsi sebagai pengganti kalkulator untuk menghitung total pembelian dari pelanggan atau sebagai cash register sederhana tapi tidak memiliki tombol standar untuk item
3.      Dengan item baris pada aplikasi ponsel berbasis Android ini, user dapat mengatur nama, stok,
4.      Aplikasi ponsel berbasis Android ini mampu menghasilkan informasi berupa total pembelian dan penjualan tiap harinya, tiap bulannya, atau rentang waktu tertentu
yang ditentukan sendiri oleh pemilik kios.
5.      Aplikasi ponsel berbasis Android ini dapat terintegerasi dengan printer untuk
      mencetak nota pembelian.


1.4 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah yang akan dipecahkan adalah bagaimana merancang dan membuat aplikasi ponsel berbasis Android untuk penjualan di kios eceran, khusunya kios tanaman Sejahtera Flower yang simpel, mudah digunakan, efektif, dan efisien. Aplikasi ini selanjutnya bisa digunakan secara maksimal oleh para pemilik kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower sehingga mampu meningkatkan kinerja mereka.

1.5 Tujuan Penelitian
Maksud dari penyusunan proposal penelitian adalah sebagai syarat untuk menyelesaikan
Tugas ke 3 & 4 mata kuliah bahasa indonesia 2
Adapun tujuan penelitian ini yaitu:
1.      Membuat aplikasi ponsel berbasis Android untuk penjualan di kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower.
2.      Mengatasi masalah transaksi penjualan di kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower.
3.      Menerapkan ilmu dan teori-teori selama mengikuti pendidikan ke dalam aplikasi nyata secara praktis guna membantu mendukung kemampuan beraktualisasi dalam penerapan ilmu di dunia nyata.

1.6 Manfaat Penelitian
Penelitian ini tentunya sangat bermanfaat bagi pemilik Sejahtera flower untuk memudahkan rekapitulasi penjualan yang dilakukanya setiap hari, diantara adalah :
1.      Mempermudah pemilik kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower dalam melakukan transaski penjualan.
2.      Mampu menghasilkan informasi total tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan secara cepat dan tepat.
3.      Mempermudah pemilik kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower
untuk mengetahui total hasil penjualannya tiap hari, tiap bulan, atau rentang waktu yang ditentukan sendiri oleh pemilik kios.
4.      Mampu meningkatkan kinerja pemilik kios eceran, khususnya kios tanaman Sejahtera Flower.

BAB 2
 Landasan Teori
2.1 Android
Android merupakan sistem operasi ponsel yang tumbuh di tengan sistem operasi lainnya yang berkembang dewasa ini. Sistem operasi lainnya seperti Windows Mobile, IOS, Symbian, dan masih banyak lagi juga menawarkan kekayaan isi dan keoptimalan berjalan di atas perangkat keras (hardware) yang ada. Akan tetapi, sistem operasi yang ada ini berjalan dengan memprioritaskan aplikasi inti yang dibangun sendiri tanpa melihat potensi yang cukup besar dari aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, adanya keterbatasan dari aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan data asli ponsel, berkomunikasi antar proses serta keterbatasan distribusi aplikasi pihak ketiga untuk platform mereka.
Android menawarkan sebuah lingkungan yang berbeda untuk pengembang. Setiap aplikasi memiliki tingkatan yang sama. Android tidak membedakan antara aplikasi inti dengan aplikasi pihak ketiga. API yang disediakan menawarkan akses ke hardware, maupun data-data ponsel sekalipun, atau data sistem itu sendiri. Bahkan pengguna dapat menghapus aplikasi inti dan menggantikannya dengan aplikasi pihak ketiga.
Sedangkan Android SDK (Software Development Kit) menyediakan Tools dan API
yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.   

2.2 Analisis Data
Analisa data dapat diartikan sebagai membandingkan dua hal atau nilai variabel untuk mengetahui selisihnya atau rasionya, kemudian diambil kesimpulannya atau menguraikan suatu keseluruhan menjadi bagian-bagian atau komponen-komponen yang lebih kecil, agar dapat membandingkan salah satu atau beberapa kkomponen dengan keseluruhan.

2.3 UML
Unified Modeling Language (UML) adalah merupakan sistem arsitektur yang
bekerja dalam OOAD (Object-Oriented Analysis Design) dengan satu bahasa yang
konsisten untuk menentukan, visualisasi, mengkontruksi dan mendokumentasi artifact
(sepotong informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses rekayasa
software, dapat berupa model, deskrispi, atau software) yang terdapat dalam sistem
software. UML merupakan bahasa pemodelan yang paling sukses dari tiga metode
Orientasi Obyek yang telah ada sebelumnya yaitu :2
1. Grady Booch OOD (Object-Oriented Design)
2. Jim Rumbaugh OMT (Object Modeling Tecnique)
3. Ivar Jacobson OOSE (Object-Oriented Software Engineering)

2.4 Konsep Dasar Basis Data
Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user. Penyusunan basis data meliputi proses memasukkan data kedalam media penyimpanan data dan diatur dengan menggunakan perangkat Sistem Manajemen Basis Data (Database Management System DBMS). Manipulasi basis data meliputi pembuatan pernyataan (query) untuk mendapatkan informasi tertentu, melakukan pembaharuan atau penggantian (update) data, serta pembuatan report data.

2.5 Bahasa Pemrograman Java
Java merupakan bahasa pemrograman untuk membangun aplikasi pada sistem operasi Android. Oleh karena itu, untuk membangun aplikasi pada sistem operasi Android diperlukan dasar tentang pemrograman Java. Java merupakan pemrograman berorientasi objek. Oleh karena itu, setiap konsep yang akan diimplemenetasikan dalam Java berbentuk dalam kelas. Kelas ini mendefinisikan objek-objek yang memiliki kesamaan perilaku dan keadaan. Pada Java terdapat kumpulan kelas standar yang dikenal dengan Application Programming Interface (API) Java, selain itu dapat juga dideskripsikan kelas sendiri sesuai kebutuhan.

2.6 Hipotesis
Berdasakan tinjauan pustaka atau kerangka pemikiran diatas, maka penulis
mencoba untuk merumuskan hipotesis yang akan diuji kebenarannya hipotesis tersebut, sebagai berikut:
h0 : program android penjualan di sejahtera flowers kurang efektif dan efisien.
h1 : program android penjualan di sejahtera flowers efektif dan efisien
BAB 3
Metodologi Penelitian

3.1 Jadwal & Waktu Penelitian
1.      Minggu I: Persiapan / lokasi di rumah
2.      Minggu II – IV: Pengumpulan data, pengolahan dan analisis data secara garis besar / lokasi toko sejahtera flowers
3.      Minggu V – IX: Penyusunan laporan draf, mulai dari BAB I sampai dengan BAB V  / lokasi di rumah & perpustakaan
4.      Minggu X - XII: Laporan akhir / lokasi di rumah

3.2 Metode Penelitian
Langkah-langkah dalam melakukan penelitian yang berjudul “Aplikasi Ponsel
Berbasis Android untuk Penjualan pada Kios Eceran Sejahtera Flower” ini adalah:
1. Pengumpulan data
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah:
a. Metode kearsipan
b. Metode kepustakaan
c. Metode wawancara
2. Analisis
Mengidentifikasi masalah, menganalisis kelemahan sistem, menganalisis
kebutuhan informasi pemakai dengan metode analisis SWOT, kemudian membuat
laporan hasil analisis.
3. Perancangan aplikasi
Mendesain aplikasi secara umum dan secara terperinci yang meliputi desain input,
desain proses, output, dan desain basis data dengan menggunakan beberapa
tools untuk Android Developer seperti JAVA SDK 1.6, Android SDK, Eclipse 3.5
(Galileo), Eclipse ADT plugin, dan SQLite.
4. Implementasi aplikasi
Melakukan penulisan kode program (coding) untuk membangun aplikasi ponsel
Android.



3.3 Instrumen Penelitian
Dengan cara melakukan survei kelapangan dengan menggunakan berbagai alat kendaraan bermotor dan pada saat membuat program menggunakan notebook Hp Pavilion G4 1318-TX, processor dengan spesifikasi Intel® Core ™ i5-2450M CPU @2.50GHz, memori RAM 4GB dan hardisk . Software yang digunakan sistem operasi Windows 7 Home Premium 64-bit dan software pengolah kata dengan Microsoft Word 2010.

3.4 Teknik Analisis Data
Analisa dapat diartikan sebagai membandingkan dua hal atau nilai variabel untuk mengetahui selisihnya atau rasionya, kemudian diambil kesimpulannya atau menguraikan suatu keseluruhan menjadi bagian-bagian atau komponen-komponen yang lebih kecil, agar dapat membandingkan salah satu atau beberapa komponen dengan keseluruhan.
3.4.1 Analisis Kebutuhan Sistem
Analisis kebutuhan sistem terdiri dari dua, yaitu:
1. Analisis Kebuthan Fungsional
2. Analisis Kebutuhan Non Fungsional
3.4.2 Analisis Kelayakan Sistem
3.4.2.1 Analisis Kelayakan Teknik
Kemudahan yang dihasilkan oleh ponsel berbasis Android memungkinkan dibuatnya sebuah aplikasi untuk penjualan pada kios eceran yang berguna untuk mempermudah penjual dalam melakukan transaksi dengan konsumen serta dalam mengetahui pendapatan perbulannya.
3.2.2.2 Analisis Kelayakan Hukum
Aplikasi ponsel berbasis Android untuk penjualan pada kios eceran ini memastikan tidak adanya kesalahan dalam mengkalkulasikan barang yang dibeli konsumen ataupun kesalahan lain yang bisa membawa pada tuntutan hukum
3.2.2.3 Analisis Kelayakan Ekonomi
Dengan penggunaan aplikasi ponsel berbasis Android untuk penjualan pada kios eceran ini mampu menghemat biaya untuk membeli buku catatan, nota, pulpen, pensil, penghapus. Selain itu tidak perlu memakai komputer desktop yang digunakan untuk transaksi penjualan seperti yang ada pada toko-toko grosir, minimarket, atausupermatket.

Daftar Pustaka
Gramlich, N. 2010. “Andbook!”. http://andbook.anddev.org/files/andbook.pdf. Diakses
tanggal 11 November 2011.
Hermawan S, Stephanus. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android. Penerbit Andi.
Mesran. 2009. Pengenalan Komputer & Bahasa Pemrograman. http://www.stmikbudidarma.
ac.id/Download/D3%20-%20Algoritma%20&%20Pemrograman.pdf,
diakses tanggal 12 November 2011.
Raharja, Pribadi.. 2010. Daftar-Daftar Simbol UML.
http://www.pribadiraharja.com/.../DAFTAR_SIMBOL.doc, diakses tanggal 11

November 2011.
Share this article :

1 komentar:

Cool Blue Outer Glow Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma University

Translate

tweets

Followers

 
Gunadarma University
Irfanda Siagian
Copyright © 2013. Do You Know ? - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modificated by Irfanda Siagian
Proudly powered by Blogger